Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur - spesialresep.com

Minggu, 11 Februari 2018

Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur

Resep rawon asli - Rawon merupakan salah satu resep masakan sup asli nusantara yang unik dengan warna yang hitam (black soup). Berbeda de... thumbnail 1 summary

Resep rawon asli - Rawon merupakan salah satu resep masakan sup asli nusantara yang unik dengan warna yang hitam (black soup). Berbeda dengan resep masakan sup daging atau soto sapi lainnya yang berwarna coklat atau kuning tua, pada masakan rawon ini memang berwarna hitam manis. Tetapi bukan semur daging lho pembaca spesial. Buat yang belum pernah mencoba membuat rawon sendiri tidak perlu khawatir. Sebenarnya mudah jika mengerti resep cara membuat resep rawon ini, kita pasti bisa membuat masakan ini sendiri di rumah. Masakan yang akan kita masak ini menggunakan resep bumbu rawon istimewa sehingga cita rasa dan kelezatannya tidak kalah dengan yang ada di restauran terkenal. Sebut saja nama-nama restoran yang menjual menu rawon seperti rawon setan, nguling, pak pangat Surabaya dan lainnya. Tentunya sangat pas bagi pembaca spesial yang kangen dengan masakan khas Jawa Timur ini tetapi malas untuk keluar atau susah untuk membelinya.

Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur


Pada resep rawon spesial yang akan kita masak pada resep ini, walaupun terlihat berwarna hitam, tetapi nyatanya sama sekali tidak memakai kecap lhoh.. tentu buat yang belum pernah mencoba cara membuat rawon daging sendiri di rumah, mengira kalau resep rawon masakan khas Jawa Timur ini menggunakan kecap di dalam salah satu bahannya. Sedangkan bagi yang pertama kali melihatnya mungkin mengira bahwa makanan ini sejenis dengan semur daging biasa tetapi lebih kuahnya lebih pekat. Salah semuanya, karena warna hitam manis khas dari resep masakan khas Malang, Surabaya dan Jawa Timur ini ternyata tidak berasal dari kecap. Resep bahan serta bumbu rawon ini memang istimewa dan spesial. Sangat berbeda dengan resep soto ataupun semur, masakan ini menggunakan kluwak atau kluwek. Pasti bingung ya?, seperti apa bahan makan apa ini?. Kluwak atau kluwek inilah sebenarnya yang membuat kuah masakan sup daging sapi ini menjadi berwarna hitam. Tidak hanya untuk warna, buah ini juga membuat resep masakan rawon ini mempunyai cita rasa yang khas dan tidak ada yang menyerupai dengan masakan lainnya.

Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur
SpesialResep.com - Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur

Tips Membuat Resep Rawon Spesial Enak


Kluwak atau biasa disebut juga kapayang, keluwak, keluak, kluwek atau panarassan sebenarnya merupakan buah yang biasa dipakai untuk bumbu masakan coto, sayur pucung dan lainnya. Tetapi memang yang paling fenomenal dan paling banyak dicari adalah resep rawon daging ini. Cara membuat rawon daging sapi ini sebenarnya mudah dan praktis. Selain menggunakan kluwak, bumbu lainnya juga tidak beda jauh. Tinggal mencampurkan bahan dan bumbu rawon menjadi satu. Untuk Cara masak masakan ini tidak berbeda jauh dengan resep-resep sup yang lain. Hanya memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya masakan rawonnya nanti tidak pahit dan seenak resep aslinya. Misalnya pada kluwak harus di pilih yang benar-benar matang biasanya berwarna hitam,  dan pemilihan daging harus ada sedikit lemak supaya lebih gurih. Mengenai hal-hal yang lain dapat lebih jelas untuk di simak langsung melalui tips dan cara memasak rawon supaya enak dan lezat pada resep dibawah ini:

Rahasia resep bumbu rawon spesial


  • Jangan ragu dalam memberi bumbu dan pas. Untuk membuat masakan rawon ini seenak resep rawon pak pangat atau nguling, bumbu yang digunakan harus berani dan pas takarannya. Maksud berani disini adalah jangan mengirit-irit dan ragu-ragu untuk membuat bumbunya.
  • Daging yang digunakan sebaiknya mempunyai komposisi daging dan sedikit lemak. Pehatikan jangan menggunakan daging has yang tidak ada lemaknya. Lemak pada daging disini mempunyai fungsi juga untuk membuat kuah rawonnya nanti lebih gurih.
  • Kluwak sebagai bahan utama resep bumbu rawon istimewa ini harus benar-benar matang. Biasanya sih berwarna hitam legam. Kalau menemukan kluwak yang berwrana agak terang, biasanya ini muda dan pahit saat dimasak.
  • Kluwak yang matang biasanya berbunyi saat dikocok. Lebih baik di coba terlebih dahulu dan di cicipi di awal. Kalau rasanya pahit jangan digunakan. Biasanya ini kluwak muda atau kalau tidak sudah berjamur.
  • Isi buah kluwak kalau sudah kering bisa direndam sebentar dengan air yang panas sampai agak lunak. Kalau keluwaknya baru dan masih lembek bisa langsung dicampur bumbu lainnya.

Asal Usul (Sejarah) Rawon


Barangkali banyak diantara kita yang sudah sering mendengar kelezatan menu masakan rawon setan, rawon pak pangat, malang, probolinggo dan lainnya. Semuanya berasal dari daerah Jawa Timur bukan? memang sejarah rawon ini sebenarnya merupakan resep masakan khas Jawa Timur. Terutama daerah surabaya, malang, ngawi dan probolinggo. Tetapi dewasa ini sudah banyak di daerah lain pun, kita bisa menemukan penjual dan menggunakan resep rawon seenak di Jawa Timur. Sebenarnya tidak dapat di pastikan dalam sejarah, tetapi banyak yang bilang bahwa rawon ini merupakan resep masakan istimewa yang di peruntukkan untuk anggota kerajaan dahulu. Mungkin karena memang bahan yang digunakan tidak seperti bumbu masakan jawa pada umumnya (kluwaknya). Selain itu daging sapi jaman dahulu kan memang merupakan masakan yang spesial, yang mana jarang dimasak oleh masyarakat bawah. Apapun itu, saat ini masakan ini sudah menjadi kuliner Nusantara, yang mana banyak disukai. Buat yang sudah tidak sabar, bahan bumbu dan cara masak rawon spesial yang enak dan lezat dapat di simak dibawah ini ya.

Bahan Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur


Bahan Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur
Bahan Rawon Asli Khas Jawa Timur

Bahan utama membuat Rawon


  • Daging sapi yang sudah dipotong kotak dan dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1000 gram. Daging bisa menggunakan daging sapi dari bagian mana saja, tetapi akan lebih enak bila menggunakan bagian sandung lamur atau daging yang ada lemaknya.
  • Batang sereh kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu memarkan sebelum dipakai.
  • Daun jeruk yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 10 lebar.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rawon.
  • Air bersih untuk merebus kurang lebih sebanyak 2 liter.

Bahan bumbu rawon


  • Bumbu utama yang menjadikan rawon khas adalah kluwek sebanyak 7 pcs .
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 10 pcs.
  • Buah cabai merah rawit secukupnya sesuai selera. Bisa dihaluskan atau dibiarkan utuh.
  • Buah cabai merah keriting sesuai selera saja. Bisa dihaluskan atau dibiarkan utuh.
  • Merica sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Kunyit ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 ruas jari.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 ruas jari.

Sambal rawon


  • Buah cabai rawit seccukupnya sesuai selera.
  • Buah cabai keriting secukupnya.
  • Rebus semua bahan tadi kemudian kita haluskan dengan cara diuleg sampai benar-benar halus.

Bahan Pelengkap


  • Sayuran tauge yang pendek dan sudah dibersihkan dan dicuci secukupnya sesuai selera.
  • Kerupuk putih atau juga bisa menggunakan kerupuk udang goreng.
  • Bawang merah goreng secukupnya sesuai selera.
  • Telur asin yang sudah matang kalau suka.

Cara memasak rawon sapi


  1. Pertama siapkan ulegan dan haluskan keluwek, bawang merah, bawang putih dan berbagai bumbu rawon yang telah di persiapkan sebelumnya sampai halus.
  2. Siapkan penggorengan dengan minyak baru secukupnya.
  3. Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu rawon yang sudah halus tadi ke dalam penggorengan, kemudian kita aduk-aduk sampai rata.
  4. Masukkan daun jeruk bersama dengan batang sereh yang sudah dimemarkan lalu aduk-aduk kembali sampai tercium bau harum khas.
  5. Tuang daging sapi yang sudah dicuci bersih dan dipotong kotak kedalam wajan.
  6. Kemudian aduk-aduk daging sapi tersebut bersama dengan bumbu resep rawon tadi, sampai tercampur rata yang di tandai pada daging sapi akan berubah warna atau layu.
  7. Tuang kurang lebih 2 liter air bersih kemudian aduk-aduk kembali.
  8. Masukkan gula pasir dan garam dapur beryodium secukupnya kemudian aduk sampai tercampur rata.
  9. Rebus sambil sesekali mengaduk, sampai dagingnya empuk dan bumbu masakan rawonnya meresap sempurna.
  10. Tes rasa dan tambahkan kembali garam dapur dan gula bila di rasa perlu.
  11. Setelah benar-benar matang, kita tuang rawon pada mangkuk sajian dan sajikan bersama taburan bawang goreng dan bumbu pelengkap lainnya.

Demikian Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur, jika sudah selesai tinggal kita sajikan di atas mangkuk bersama nasi putih dan pelengkap lainnya. Mitos atau anggapan bahwa cara masak rawon itu susah dan sulit itu tidaklah benar bukan? Cara membuat rawon ini tidak beda jauh dengan masakan resep daging sapi lainnya. Kunci dari Resep Rawon agar enak dan lezat terletak pada bumbu rawon dan kluwaknya. Biasanya kluwak inilah yang dapat membuat resep rawon yang kita masak rasanya tidak enak dan pahit.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat menambah perbendaharaan wawasan bagi pembaca spesial, khususnya mengenai bidang kuliner (cara memasak). Semoga bermanfaat, selamat mencoba. Jangan lewatkan untuk membaca artikel Spesial Resep lainnya, “Cara Membuat Black Forest Spesial”. Atau pembaca bisa membaca artikel yang lain mengenai “Resep Semur Jengkol Spesial”. Bila menyukai silahkan bagikan resep-resep kami kepada teman dan like fan page Spesial Resep di Facebook. Makan Enak, makan Sehat ya SpesialResep.


Tidak ada komentar

Posting Komentar