Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama dan Renyah - Spesial Resep

01 March 2017

Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama dan Renyah

Spesial Resep Peyek Kacang Tanah - Peyek atau rempeyek termasuk makanan khas Indonesia yang terkenal nikmat dan renyah karena dibuat dari ... thumbnail 1 summary

Spesial Resep Peyek Kacang Tanah - Peyek atau rempeyek termasuk makanan khas Indonesia yang terkenal nikmat dan renyah karena dibuat dari perpaduan tepung terigu dan bahan-bahan pilihan lainnya.  Selain berfungsi sebagai cemilan, Rempeyek juga menjadi pelengkap makan layaknya seperti kerupuk. Isi Rempeyek sangat beragam, tergantung selera orang ang buat. Meski demikian, ada beberapa variasi dari rempeyek yang telah terkenal karena rasanya yang nikmat, yakni : rempeyek kacang tanah, rempeyek kedelai, rempeyek udang, rempeyek teri, rempeyek sayuran, dan lainnya.

spesialresep.com - Spesial Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama dan Renyah

Untuk membuat rempeyek yang renyah, gurih, dan tahan lama tidaklah mudah. Salah dalam pemilihan bahan dan penyimpanan akan membuat rempeyek keras, alot dan mudah berbau tengik. Pada ulasan kali ini Spesial Resep akan menyajikan tips dan resep peyek kacang renyah tahan lama dan renyah, yakni :

Resep Peyek Kacang

Bahan yang diperlukan dalam membuat peyek kacang :
  • 250 gram kacang tanah,
  • 400 gram tepung beras,
  • Satu bungkus kecil santan kara,
  • Daun jeruk secukupnya,
  • Air secukupnya,
  • 1 kg minyak goreng,
  • 1 butir telur ayam.

Bumbu yang dihaluskan :
  • 3 siung bawang putih,
  • ½ sendok teh ketumbar,
  • 3 butir kemiri,
  • 2 ruas kencur,
  • ½ sendok teh garam atau secukupnya,
  • ½ sendok teh bumbu penyedap Royco.


Cara membuat Peyek Kacang Renyah Tahan Lama dan Renyah :
  1. Pertama-tama adalah membuat bumbu halus. Bumbu diulek di cobek sampai benar halus. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kacang tanah yang telah dibersihkan kulitnya, kemudian dipotong-potong. Misalnya satu butir kecang tanah dipotong menjadi dua bagian.
  3. Daun jeruk diiris kecil-kecil.
  4. Sekarang saatnya buat adonan untuk peyek kacang tanah. Sediakan baskom berukuran sedang. Masukkan tepung beras, bumbu yang telah dihaluskan, masukkan juga satu bungkus santan kara, daun jeruk, dan tuangkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan juga telur ke dalam adonan. Sebelumnya telur dikocok terlebih dahulu. Kemudian semua bahan diaduk-aduk hingga rata. Adonan dibuat agak encer supaya peyeknya terasa lebih renyah.
  6. Setelah adonan peyek jadi. Tambahkan juga kacang tanah yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk lagi yah adonanannya.
  7. Sekarang masuk tahap menggoreng, persiapkan wajan dan masukkan minyak goreng. Nyalakan api dan tunggu sampai benar-benar panas. Untuk mengecek minyak gorengnya sudah panas, bisa dites dengan meneteskan adonan tepung ke dalam minyak.
  8. Saatnya membuat peyek kacang tanah dengan mengambil satu sendok sayur adonan, kemudian letakkan dipinggir wajan yang dekat dengan minyak.
  9. Adonan peyek yang menempel pada bagian pinggir wajan disirami dengan minyak yang ditengah dengan menggunakan susut atau alat yang lainnya. Hati-hati jangan sampai minyaknya terkenan kulit.
  10. Jika adonan sudah tidak lengket dan berubah warna menjadi kecoklatan tandanya peyek sudah matang, segera angkat peyek dari wajan dan sisihkan hingga tidak ada minyak yang mnetes dan suhunya sudah tidak terlalu panas.

Tips Agar Rempeyek Yang Anda Buat Renyah dan Tahan Lama
  • Gunakan tepung beras dengan kualitas bagus yaitu berwarna putih dan juga tidak berbau apek. Kalau bisa beli saja tepung beras di pasar tradisional, dan jangan lupa mengayak tepung berasnya terlebih dahulu.
  • Jika anda akan membuat rempeyek kacang, sebaiknya kulit kacang tanahnya jangan dikupas. Agar lebih renyah, belah kacang tanahnya menjadi dua bagian.
  • Saat mengaduk tepung beras dan bumbu halus, menambahkan air di lakukan secara sedikit demi sedikit.
  • Dalam menggoreng gunakanlah wajan anti lengket dan juga minyak goreng yang di gunakan harus bagus atau masih bersih, benar benar panas saat menggoreng dan minyaknya dalam jumlah banyak.
  • Maksudnya dalam jumlah banyak yaitu saat adonan rempeyek digoreng, rempeyek terendam dalam minyak.
  • Ambil adonan dengan menggunakan sendok sayur dan taruh pada pinggiran minyak, siram siram dengan minyak panas agar segera terlepas dari pinggir wajan.
  • Setelah peyek matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu agar minyak hilang dari peyek. Setelah dingin simpanlah dalam toples kedap udara.

Demikianlah Tips dan Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama dan Renyah ini semoga bisa menambah wawasan Sobat dan Sista di rumah. Tambahan supaya tahan lama, peyek kacang tanah dimasukkan ke dalam toples atau plastik yang kedap udara. Saat ini saya biasa menempatkan peyek atau keripik di toples plastik dari Tupperware. Dijamin keripik atau peyek lebih tahan lama karena tidak ada udara yang keluar masuk. Selamat mencoba tipsnya dan selamat berkreasi dengan spesial resep peyek kacang renyah tahan lama dan renyah.

No comments

Post a Comment