Resep Bakso Goreng Kopong - Spesial Resep

22 February 2017

Resep Bakso Goreng Kopong

Pada pagi yang spesial ini akan mengulas spesial resep bakso goreng kopong, bakso goreng kopong dan tidak menciut setelah di goreng, past... thumbnail 1 summary

Pada pagi yang spesial ini akan mengulas spesial resep bakso goreng kopong, bakso goreng kopong dan tidak menciut setelah di goreng, pasti ada rahasianya. Mau tau?   Mari di coba :
Tentukan daging bakso, dapat berupa ayam, ikan atau babi.  Rahasianya, semakin banyak kandungan lemaknya, maka bakso goreng akan semakin kopong.  Jika daging semakin liat atau padat atau lean istilahnya, maka bakso goreng akan padat berisi dan susah menjadi kopong.
Pilihan terbaik menggunakan daging ikan atau babi (karena banyak lemak), sehingga lebih mudah untuk membuat bakso goreng kopong, di bandingkan menggunakan bakso ayam.

spesialresep.com - Spesial Resep Bakso Goreng Kopong
spesialresep.com - Spesial Resep Bakso Goreng Kopong

Bahan Bakso Goreng Kopong:
  • Ikan tenggiri yang sudah di haluskan (saring durinya) / ayam di giling / babi di giling.
  • Sagu. Perbandingannya jika daging 70%, maka sagunya 30%, jadi tergantung dari banyaknya daging yang Sobat dan Sista gunakan. Semisal kalau ada hanya 250 gram atau bahkan setengah mangkuk, bisa di gunakan perbandingan seadanya saja yang penting proporsinal sesuai komposisinya antara daging / isinya dan sagunya.
  • garam, lada secukupnya.
  • Minyak goreng bersih (untuk di campur ke dalam adonan), biasanya menggunakan takaran 2-3 sendok untuk 250 gram daging.
  • 1/4 gelas air dingin.

Cara Membuat Bakso Goreng Kopong :  

  1. Uleni semua bahan bakso goreng, lalu coba di bulatkan seperti bola kecil, jika belum bisa di bulatkan, tambahkan sagu.  Jika terlalu banyak sagu, Sobat dan Sista bisa pakai Maizena atau corn flour. 
  2. Jika sudah dapat di bulatkan, taruh adonan bakso goreng di dalam kulkas setidaknya 2 jam (adonan bakso goreng di tutup agar tidak kering).
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng dari awal dengan api sedang. Jangan di set api besar lalu dikecilkan. Tapi, sedari awal apinya sudah sedang.  
  4. Coba masukkan adonan bakso goreng sedikit saja terlebih dahulu (sebagai percobaan), jika langsung berbuih berarti minyak sudah panas. Ketika adonan bakso goreng di masukkan, kecilkan api.  Minyak yang di gunakan harus banyak, sampai adonan bakso goreng tenggelam.

Tips agar Bakso Goreng Kopong :

  • Gunakan sagu dan jangan terigu. Komposisi sagu adalah 30 persen dari jumlah daging.
  • Uleni adonan bakso goreng kopong, selanjutnya tutuplah dengan plastik, kemudian simpanlah di dalam kulkas setidaknya 2-3 jam.
  • Agar kopong, tambahkan setidaknya 2-3 sendok makan minyak goreng bersih ke dalam adonan.
  • Jika adonan terlalu lembek dan tidak bisa di bulatkan, tambahkan sagu atau maizena sedikit.
  • Setelah di keluarkan dari kulkas, goreng dalam minyak yang banyak hingga adonan terendam.
  • Jika Bakso goreng yang sudah kopong maka bakso akan mengapung sendiri ke permukaan minyak dan berputar-putar sendiri.
  • Probabilitas keberhasilan membuat bakso goreng kopong adalah jika yang di gunakan ikan tenggiri atau bakso ikan.  Bakso ayam atau daging lainnya, agak sedikit padat. Jika ingin menggunakan baking powder atau soda, dapat di tambahkan 1/2 sendok teh untuk 250 gram daging, namun hati-hati pada saat menggoreng. Minyak yang terlalu panas dapat membuat bakso meletus dan minyak terciprat.
  • Beberapa orang menggunakan telur agar lembut, boleh saja, namun kebanyakan telur, gorengan akan membesar lalu kemudian akan menciut ketika selesai di angkat dari kompor. Jika ingin tidak menciut, apinya kecil dan menggorengnya lama, tambahkan air pada adonan bakso goreng.

Kesalahan umum saat memasak Bakso Goreng Kopong :

  • Minyak kurang panas, adonan sudah di masukkan,
  • Minyak kurang banyak,
  • Kompor sedari awal sudah di set dalam keadaan api besar. Apinya harus kecil dan biarkan minyak panas dengan perlahan-lahan.  Harus sabar ya ..

Demikian Spesial Resep Bakso Goreng Kopong, perhatikan tips dan triknya dengan itu tentunya Sobat dan Sista bisa membuatnya dengan mudah, sekian saja resep spesial dari spesialresep.com kali ini selamat mencoba dan selamat berkreasi.

No comments

Post a Comment