Resep Rengginang Berbahan Olahan Singkong Parut khas Thailand - Spesial Resep

24 February 2017

Resep Rengginang Berbahan Olahan Singkong Parut khas Thailand

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan atau bahkan berbahan olahan singkong parut yang khas, yang ... thumbnail 1 summary

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan atau bahkan berbahan olahan singkong parut yang khas, yang di keringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu di goreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang di haluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak di hancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang di buat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu di jemur dan di keringkan untuk kemudian di goreng dan di jadikan rengginang. Dari penjelasan tersebut tentunya Sobat dan Sista sudah mengetahui spesial resep apa yang akan di bahas kali ini? Ya benar sekali, kali ini spesial resep akan membagikan resep rengginang berbahan olahan singkong parut khas Thailand yang unik. Dari pada penasaran lagi langsung di perhatikan baik baik ya ulasan berikut ini :

spesialresep.com - Resep Rengginang Berbahan Olahan Singkong Parut khas Thailand
spesialresep.com - Resep Rengginang Berbahan Olahan Singkong Parut khas Thailand

Bahan membuat rengginang :

  • 2 kg Singkong atau Ubi Kayu,
  • 3 siung Bawang putih yang telah dihaluskan,
  • Garam secukupnya,
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat rengginang :

  1. Kupas kulit singkong terlebih dahulu, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Singkong yang sudah di cuci tadi, kemudian di parut dengan mengunakan alat pemarut kelapa atau mesin pemarut.
  3. Hasil dari parutan tadi di masukkan ke dalam wadah bak untuk di ambil acinya. Proses pengambilan aci ini di lakukan berulang kali agar mendapatkan air aci yang banyak.
  4. Biarkan air aci tersebut untuk di endapkan selama kira-kira 3 jam. Jika sudah mengendap, pisahkan endapan aci tersebut dan buang airnya.
  5. Aci atau saripati yang di peroleh dari mengendapkan tadi, kemudian di campur dengan parutan ubi atau singkong, lalu jemur selama 1 hari.
  6. Jika sudah, campurkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan lain sebagainya.
  7. Cetak menjadi rengginang, kemudian kukus rengginang tersebut. Setelah di kukus jemur rengginang tersebut sampai kering dibawah sinar matahari langsung.
  8. Jika sudah benar-benar kering, proses terakhir dari pembuatan rengginang singkong ini adalah penggorengan. Goreng dengan minyak yang cukup banyak dan suhu yang tinggi agar rengginang bisa mengembang. Jika rengginang sudah matang, angkat dan tiriskan.

Demikian resep rengginang berbahan olahan singkong parut khas Thailand dari spesial resep. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat dan Sista yang ingin membuatnya sendiri di rumah sebagai makanan ringan atau jajanan sehat untuk keluarga tercinta. 

No comments

Post a Comment